Minggu, 13 Januari 2019

Kerajinan Bahan Lunak Buatan Fiberglass

PROSES PRODUKSI FIBERGLASS

Jenis-Jenis Kerajinan Bahan Resin

Ada banyak sekali jenis kerajinan dari bahan resin. Apalagi dengan adanya kreatifitas yang semakin tinggi, membuat banyak orang mulai berkreasi dengan bahan resin. Salah satu kelebihan bahan resin adalah mudah dibentuk. Oleh karena itu banyak pengrajin kerajinan tangan yang membuat kerajinan dengan bahan resin. Bahannya mudah di temukan dan mudah bentuk. Apalagi harganya lebih terjangkau dibandingkan jenis bahan lainnya. seperti bahan kayu, batu, semen dan lain sebagainya.
kerajinan bahan resin
Contoh Model Kerajinan Bahan Resin Bentuk Kotak Lampu
     Campuran Bahan Kerajinan Bahan Resin
Proses pembuatan kerajinan tangan dari bahan resin sangat mudah. karena sudah ada cetakannya. Ada beberapa perpaduan bahan resin yang bisa digunakan. Ini disesuaikan dengan kualitas dari kerajinan tangannya. Misalnya resin dan katalin akan membuat kerajinan mudah pecah. Resin+fiberglass cloth+talk+katalus resin+katalis akan membuat kerajinan yang kuat dan tahan lama. Campuran bahan yang kedua ini yang sering digunakan oleh pengrajin kerajinan tangan fiberglas bandung.
     Proses Pencetakan Kerajinan Bahan Resin
Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya, proses pembuatan kerajinan bahan resin tinggal memasukkan ke cetakan. Setelah semua bahan dicampurkan, anda tinggal memasukkan ke cetakan yang sudah disediakan. Jika ingin diberi warna, anda tinggal menambahkan pigmen. Jadi anda tidak perlu mengukirnya satu persatu. Jika ingin ditambahkan ukiran tertentu atau tulisan pada piagam atau gantungan kunci, anda bisa menempelkannya atau mengukir ketika bahan sudah kering.

Contoh Kerajinan Bahan Resin

Salah satu contoh kerajinan menggunakan bahan resin yang popular adalah gantungan kunci. Ada banyak sekali gantungan kunci, pernak pernik yang terbuat dari bahan resin. Proses pembuatannya mudah dan bahannya mudah dicari. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini bahan dan cara pembuatan kerajinan tangan gantungan kunci dari bahan resin.
     Bahan Dan Alat Kerajinan Tangan Resin
Berikut ini bahan dan alat yang and butuhkan untuk membuat gantungan kunci dari bahan resin.
     Catalis oil
     Resine blue atau yang bening
     Kapas
     Cetakan gantungan kunci
     Aneka pernak pernik, bisa koin, foto, hewan yang diawetkan dan lainnya
     Minyak goreng
     Tempat untuk mengaduk bahan
     Cara Membuat Gantungan Kunci Bahan Resin
Berikut ini tahapan untuk membuat gantungan kunci kerajinan dengan bahan resin yang mudah.
     Olesi semua alat cetak dengan minyak goreng. Oleskan dengan memakai kapas sampai rata, supaya cetakan tidak lengket.
     Campurkan kedua bahan menjadi satu, dengan perbandingan resine blue 10 : catalis oil 1.
     Masukan adonan ke dalam cetakan. Sebelum mengering, masukan pernak pernik yang akan anda gunakan.
     Diamkan beberapa menit sampai kering dan mengembang. Anda bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari.
     Jika sudah kering, lepaskan dari cetakan.
Mudah bukan? Untuk hasil yang lebih bagus, gantungan kunci bisa haluskan dengan di amplas, di gerinda kemudian dikompon. Ini akan membuat permukaannya lebih bagus. Bahan-bahannya bisa anda beli di toko kimia. Itulah sedikit penjelasan tentang cara membuat kerajinan bahan resin yang mudah.
SUMBER : https://fiberglassbandung.com/kerajinan-bahan-resin-fiber/

0 komentar:

Posting Komentar