Rabu, 17 Juli 2019

Wawasan Kelistrikan


PENGERTIAN KELISTRIKAN

Hasil gambar untuk LISTRIK


Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Ada dua jenis muatan listrik, yaitu muatan listrik negatif dan positif. Suatu benda bermuatan listrik negatif jika kelebihan elektron, dan bermuatan listrik positif jika kekurangan elektron. Secara alami, muatan listrik positif selalu mengalir dari titik berpotensial tinggi ke titik berpotensial rendah. 

Aliran ini disebut sebagai arah arus listrik konvensional. Akan tetapi sebenarnya muatan listrik yang bergerak di dalam konduktor bukanlah muatan listrik positif, tetapi muatan listrik negatif (elektron) dan arah aliran elektron berlawanan dengan arah aliran muatan positif.


Banyak sekali peralatan elektronik rumah tangga yang menggunakan sumber energi listrik contohnya seperti televisi, kulkas, komputer, dan masih banyak lagi. Banyak orang hanya sekedar tahu dan memakai listrik dan tidak tau apa itu listrik dan bahaya yang ditimbulkan.
Untuk mencegah bahaya listrik maka kita perlu melakukan uji kelistrikan. Pengujian listrik ini untuk mengetahui kondisi listrik yang kita pakai sudah optimal atau belum dan untuk melihat daya dan hambatan listriknya.
Saat ini sudah banyak jenis perlengkapan yang bermanfaat untuk menguji listrik, salah satunya Voltage Detector, Voltage Detector memiliki manfaat utama untuk mengetahui adanya tegang listrik pada alat elektronik yang kita pakai. Alat ini juga sangat mudah dalam penggunaan karena hanya menghubungkan bagian ujung alat ke sumber listrik yang akan di uji.
Pengertian Kelistrikan
Alasan kita harus menggunakan alat uji kelistrikan ini daripada menggunakan tes pen bisa kita simak beberapa perbedaan dari kedua alat tersebut :
  1. Dari segi pemakaian test pent hanya memberikan indikator LED menyala jika ada tegangan listrik, sedangakan Voltage Detector akan bergetar ketika terdapat tegangan listrik.
  2. Sedangkan dengan Voltage Detector memiliki LCD yang berguna untuk menampilkan data hasil dari pengukuran tegangan yang diukur, sedangkan test pen hanya dapat mendeteksi tegangan pada sumber yang diujikan.

Fungsi Voltage Detector:

  • Dapat melakukan deteksi adanya sumber tegangan listrik pada alat yang akan dilakukan pengujian.
  • Bisa digunakan untuk percobaan tegangan AC dan juga tegangan DC.
  • Mempunyai LCD yang berguna untuk menampilkan data hasil tegangan yang diujikan.
  • Bisa dimanfaatkan sebagai pengujian tegangan AC dan DC yang rendah maupun tegangan AC dan DC yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar